Lompat ke isi utama
x
Gambar
Pelatihan Optimalisasi Median Online dsn Digital Kabupaten Aceh Tamiang

Pelatihan Optimalisasi Media Online dan Digital dalam Pembelajaran Fisika sebagai Implementasi Kerjasama Antara Jurusan Pendidikan Fisika dan MGMP Fisika Kabupaten Aceh Tamiang

Isi

Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala (USK) bekerja sama dengan MGMP Fisika Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan kegiatan Pelatihan Optimalisasi Media Online dan Digital dalam Pembelajaran Fisika Tingkat SMA yang berlangsung di SMAN 1 Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, selama dua hari, Senin-Selasa (21-22) Februari 2022.

Pengabdian Aceh Tamiang

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian Jurusan Pendidikan Fisika kepada masyarakat yang merupakan salah satu penerapan tridarma perguruan tinggi. Pada kali ini, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan mengusung tema “Melalui Pelatihan Guru Fisika Tingkat SMA dalam Mengoptimalisasikan Media Pembelajaran Berbasis Online dan Digital Kita Tingkatkan Professionalisme Guru dalam Pembelajaran Fisika. Sesuai dengan tema yang diangkat, maka tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran fisika dengan menggunakan media online dan digital yang ada pada saat ini.

Pengabdian Aceh Tamiang2

Kegiatan pelatihan dilakukan secara luring dengan mematuhi protocol kesehatan Covid-19. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 50 guru fisika tingkat SMA yang berasal dari beberapa sekolah di Kabupaten Aceh Tamiang. Adapun materi pelatihan disampaikan oleh sejumlah dosen jurusan pendidikan fisika dengan materi yang berkaitan dengan media online dan digital dalam pembelajaran, seperti pelatihan dan pengayaan lab virtual simulasi PheT, penggunaan software Microsoft power point, dan penggunaan sensor pada HP android sebagai pendukung pembelajaran fisika bagi guru.

Pada saat proses kegiatan berlangsung, terlihat bahwa para guru peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang diberikan. Mereka mengatakan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat, sehingga nanti dapat diterapkan ke dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, guru-guru fisika Kabupaten Aceh Tamiang dapat terampil dalam memanfaatkan media online dan digital ke dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari fisika.

Pengabdian Aceh Tamiang3

Untuk selengkapnya dapat dilihat pada link berikut:

https://kolomaceh.com/2022/03/29/dosen-prodi-fisika-usk-gelar-pelatihan-untuk-guru-smp-dan-sma-di-aceh-tamiang/

https://juangpos.com/2022/03/29/dosen-prodi-fisika-usk-gelar-pelatihan-untuk-guru-smp-dan-sma-di-aceh-tamiang/